September 30, 2020
Mau Tahu Sejarah Indonesia Kunjungi Destinasi Wisata Ini

Mau Tahu Sejarah Indonesia? Kunjungi Destinasi Wisata Ini

Mengulik eksistensi Indonesia di dunia salah satunya tentu melalui sejarah, dan fakta sejarah itu tersebar di seluruh daerah. Banyak diantaranya yang dikadikan destinasi wisata sejarah dengan segudang informasi penting dari masa lalu. Kalau kamu penasaran, kunjungilah beberapa lokasi berikut ini menggunakan sewa bus pariwisata dan ungkap sendiri sejarahnya.

7 Lokasi Wisata Sejarah di Indonesia

Tujuh lokasi wisata berikut ini mengandung sejarah penting dari masa lalu Indonesia mulai dari Masjid Raya Baiturrahman di Aceh, Candi Borobudur Yogyakarta, Kota Tua Jakarta, Taman Sari Yogyakarta, Masjid Menara Kudus, Benteng Fort Rotterdam di Makassar, dan Situs Purbakala Kokas. Seperti apa sejarah yang dimiliki daerah ini? berikut informasi lengkapnya.

Aceh (Masjid Baiturrahman)

Masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini dahulunya jadi saksi perjuangan rakyat Aceh mempertahankan bumi tanah rencong. Dulu selain menjadi tempat ibadah destinasi wisata sejarah yang satu ini juga menjadi benteng pertahanan saat perang di awal tahun 1900an. Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar merupakan pahlawan yang pernah bermarkas di Masjid yang terletak di Kota Banda Aceh itu.

Magelang (Candi Borobudur)

Merupakan destinasi sejarah paling terkenal di Indonesia dan dukukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Terbuat dari bebatuan dengan berbagai bentuk dan ukuran menjadikan candi ini sangat unik dan artistik. Banyak sejarah di dalamnya terutama tentang perkembangan kerajaan Hindu dan Buhda di Indonesia.

Jakarta (Kota Tua)

Kota Tua adalah kawasan di ibukota Jakarta yang dulunya jadi pusat pengelolaan penerintah di zaman Belanda. Sekarang kawasan ini menjadi destinasi wisata sejarah yang selalu ramai di kunjungi. Ada tiga bagunan di kawasan ini yang kaya akan sejarah yaitu Museum Sejarah Jakarta yang dulu menjadi Balai Kota Batavia dan Kantor Gubernur VOC.

Lalu ada Museum Seni Rupa yang dulunya kantor pengadilan tinggi. Terakhir bangunan kanto pos yang sejak dulu hingga saat ini masih difungsikan sebagai kantor pos. Bangunannya yang memiliki arsitektur Belanda tetap dipertahankan sehingga jadi spot fotografi unik bagi banyak pengunjung.

Yogyakarta (Taman Sari)

Jangan melulu wisata ke pantai, gunung, atau wahana permainan, karena kamu juga butuh tambahan wawasan tentang Indonesia. Salah satunya dengan mengunjungi Taman Sari yang ada di Yogyakarta. Dulunya menjadi istana zaman Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Banyak situs sejarah di lokasi ini yang menggambarkan kekuatan masyarakat dan kecintaannya pada Indonesia.

Kudus (Masjid Menara)

Dibangun pada tahun 1549, masjid ini digagas oleh Sunan Kudus dengan tinggi menara mencapai 18 meter. Sejarah pada bangunan ini adalah bagaimana keterpaduan antara tiga keyakinan yang ada di Indonesia yaitu Islam, Budha dan Hindu. Terlihat dari arsitektur bangunan yang mengadopsi karakter dari ketiga keyakinan tersebut. hal ini juga menjadi bukti kerukunan umat beragama di Indonesia

Makassar (Benteng Fort Rotterdam)

Dahulunya Ujung Pandang atau sekarang Makassar menjadi salah satu bukti perseteruan Kerajaan Gowa dengan VOC Belanda. Awalnya menjadi markas kerajaan Gowa di bawah pimpinan Sultan Alauddin. Kemudian direbut VOC dan berganti nama menjadi Fort Rotterdam dan menjadi lumbung rempah Indonesia.

Papua (Situs Purbakala Kokas)

Terletak di Fakfak Provinsi Papua Barat, destinasi wisata sejarah ini menjadi salah satu ikon Papua karena menyimpan sejarah tentang manusia purbakala yang pernah ada di Indonesia. Di sana banyak terdapat lukisan di dinding goa yang dipastikan merupakan buah karya manusia purbakala. Kawasan ini juga disebut sebagai Tapuparang.

Kalau kamu berlibur ke salah satu wilayah di atas, pastikan untuk mengunjungi objek wisata tersebut, karena pastinya akan menambah wawasanmu tentang bagaimana perjuangan masyarakat di masa lampau mempertahankan bumi pertiwi. Dengan karakteristik bangunan dan lokasi yang sangat otentik pastinya akan memberi kesan mendalam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *