October 28, 2020

Begini Tahap Jilid Soft Cover Yang Benar

Tahap Jilid Soft Cover

Untuk membuat dokumen yang rapi dan siap untuk diserahkan pada atasan, dosen atau guru, perlu proses jilid pada bagian covernya. Salah satu jenis jilid yang biasa dipakai adalah soft cover jilid, ada yang memanfaatkan jasa percetakan untuk mengerjakannya, tapi ada juga yang membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini tahapan pembuatan jilid soft cover agar Anda pun bisa melakukannya.

Tahap Jilid Soft Cover

6 Tahap Soft Cover Jilid

Ada enam tahapan penting yang harus Anda lakukan untuk menghasilkan sebuah dokumen berjilid lunak ini. Dimulai dengan persiapan dokumen hingga pemasangan cover menggunakan bahan dan alat yang sangat mudah dicari dan harganya juga sangat terjangkau. Seperti apa tahapannya?

1. Mempersiapkan Dokumen

Ini merupakan hal pertama yang harus dilakukan, yaitu mencetak dokumen yang akan dijilid. Anda bisa mencetak langsung dari folder dokumen yang ada di komputer, kemudian menyusunnya agar tidak salah halaman atau terbalik saat jilid dipasang.

2. Merapikan Dokumen

Tahap selanjutnya adalah merapikan dokumen dan memberi staples pada bagian ujung kiri dokumen hingga semua dokumen melekat satu sama lain. Kerapian ini biasanya menentukan harga jilid soft cover dan kepuasan konsumen pada jasa penjilidan, makanya jika Anda melakukan sendiri harus tetap memperhatikan kerapian dokumen agar hasilnya sempurna.

3. Mempersiapkan Cover

Pilih desain cover yang akan dipakai pada bagian depan dokumen, bisa dengan membuat langsung di Microsoft Word, atau Adobe Photoshop. Kemudian cetak sesuai dengan ukuran dokumen, apakah A4 atau F4. Kemudian laminating bagian cover tersebut agar terlihat lebih rapi serta bersih.

4. Merekatkan Dokumen

Selanjutnya merekatkan dokumen dengan cover. Caranya adalah dengan memberi lem sisi kiri dokumen yang sudah diberi staples, dan lem juga bagian sisi kiri cover yang sudah dilaminating kemudian rekatkan. Untuk bagian belakang dokumen, lem dan rekatkan dengan karton manila berwarna sesuai dengan warna kesukaan Anda.

5. Menjilid

Lakukan penjilidan soft cover jilid dengan meletakkan bagian yang sudah di lem pada ujung media lurus seperti penggaris atau karton. Kemudian beri lakban hitam ukuran besar sebagai penutup bagian yang sudah dilem tersebut, pastikan mengukur terlebih dahulu sisi yang akan ditutupi lakban agar terlihat rapi.

6. Merapikan

Tahapan terakhir adalah merapikan dokumen dengan menggunakan alat pemotong kertas agar terlihat benar-benar rapi. Kalau dihitung-hitung harga jasa jilid soft cover buatan Anda pasti akan sama dengan hasil jilid percetakan selama hasilnya benar-benar bagus.

Demikianlah tahapan yang harus Anda lakukan untuk menjilid dokumen menggunakan jenis jilid soft cover. Kalau Anda sudah paham akan sangat mudah membuatnya sendiri tanpa harus pergi ke percetakan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *